Pages

Subscribe:

Jumat, 09 November 2012

MANFAAT MELUKIS

Haiiii Guysss.. How are you today? Pretty well, right??
Hope you’ll always get blessed and merciful yach. :D

Well, pernahkah temen-temen punya hobi melukis? Atau membuat kartun??
Saya sangat hobi. Sejak SD saya sudah sering sibuk menggambar di mana-mana. Di kertas, di halaman belakang buku, di telapak tangan, bahkan tembok rumah pun menjadi korban kekejaman tangan saya dalam gambar menggambar. Saya mau share mengenai cara menggambar atau mengawali karir sebagai kartunis.
Sebenarnya saya emang buka kartunis profesional atau mangaka handal, saya juga masih newbie di sini. Saya masih bau kencur tapi saya udah lama kok mulai gambar menggambar. Hehehe
Nah, untuk mengawali gambar menggambar itu, kita harus terlebih dahulu menyukainya. Gimana mau bisa kalau kita nggak suka?? Nggak logis dong kalau kita ngotot tapi nggak ngerjakan. Jadi? Berarti kita harus menumbuhkan minat gambar dulu. Nggak usah mikir gambar ku jelek, “aku nggak punya darah pelukis di nadiku”, “aku bakalan susah”, dan berbagai pernyataan pesimis lain.
Kenapa menggambar?  (untuk membangkitkan minat, berarti kita harus terlebih dahulu paham manfaatnya bukan?
Menggambar itu nggak butuh sarana khusus, nggak butuh alat khusus, nggak butuh tempat khusus. Hobi yang satu ini emang akomodatif banget buat semua kalangan dengan berbagai latar belakang ekonomi. Modal nya cuma kertas bekas ama pulpen/pensil  tempatnya bisa di mana aja, di kelas, di rumah, di angkot, asal jangan nyetir motor sambil nggambar (nggak nyambung ya?)
Oke, menurut saya, menggambar itu banyak banget gunanya.  
1.       Bebas Berekspresi
Seorang pelukis, atau tukang gambar, mereka selalu merasa bebas. Nggak ada tekanan dari pihak mana pun. Feel free to draw. Kita bisa mengungkapkan sesuatu yang nggak bisa terungkapkan dengan mulut melalui gambar. Kita juga bisa membuat sesuatu hal yang masih dianggap imajinatif menjadi realistis. Berikut contohnya yaa.
Ini gambaran perdana saya dengan perspektf. jadi masih agak kacau, niatnya bikin eiffel tapi jadinya kok menara telepon. saya juga bingung. heheehe

 

2.       Membantu teman yang galau
Wah apa hubungannya “galau” ama “gambar”?
Nah, nih ya, banyak orang galau minta gambar yang merefleksikan gambar mereka lho. Misalnya ada orang yang baru putus cinta, atau ada orang yang sedang jatuh cinta, atau orang yang nunggui cintanya datang. Gambar itu bisa jadi penyembuh atau bahkan reminder tentang kegalau tersebut. hehehe



3.       Merealisasikan Cita-cita
Banyak orang minta digambarin tentang cita-cita mereka. Seorang bocah yang pingin jadi kapolri minta digambarin dirinya dengan seragam polisi, seorang calon presiden pingin digambar dirinya sedang memakai seragam kebesaran, seorang yang ngebet jadi dokter minta digambarin dirinya dengan jubah putih khas dokter dengan stetoskop menggantung di leher, dan masih banyak lagi.
Ingat kan? Ketika kita menempatkan diri kita di posisi yang kita inginkan dan seolah kita telah mendapatkannya, maka kita akan mendapatkan hal tersebut. inilah hukum ketertarikan yang ada di buku The Secret.
Nih temen saya yang pengen jadi pilot. (meski pun ujung-ujungnya dia lari ke ITB. Hehehe)



4.       Sarana Mengenang masa lalu
Nggak semua momen-momen indah di masa lalu kita punya fotonya kan?? Karena dulu memang nggak ada nggak ada kamera. Hehehe
Nah, dengan melukis, kita bisa mengenang masa lalu yang manis rasanya.
Nih contoh gambar saya mengenai masa SD saya di Panca Budi.



5.       Mengikat tali silaturahmi
Wah kok makin nggak nyambung ya?
Dengan menggambar kayak di atas kita bakal mengikat solidaritas teman-teman lama kita. Misalnya jika gambar tersebut kita upload di Facebook dan kita tag setiap teman SD kita.
Itulah yang saya lakukan. Dan apa yang terjadi?? Semua temen SD saya ngasi jempol alias nge-like. Mereka langsung komen semua sampai-sampai mengenang masa-masa SD di kolom-kolom komentar. I miss you so much, guys.

6.       Mendapat Teman, Mendapat Orderan, dan Mendapat Insentif
Ini manfaat yang paling kusenengin.
Udah jelas kalau kita pinter nggambar dan sering menggambar untuk orang lain dengan CUMA-CUMA, maka kita bakalan dapat banyak temen. Saya sarankan, kalau masih awal-awal dalam menggambar, jangan dulu memintah upah atau insentif. Coba bangun kepercayaan orang sekaligus ajang berlatih ketika seseorang minta digambarin sesuatu.
Kalau udah tingkat lanjut alias udah merasa ber-capable untuk menggambar dengan baik sekali, maka kita bisa meminta insentif atas karya kita. Sebenernya sih kalau temen-temen sudah mengetahui bakat dan udah percaya dengan kita, yang namanya orderan itu bakal datang sendiri. So, jangan khawatir.
Hobi nggambar, dapat teman, dapat duit pula. Hehehe
Nih contoh orderan yang saya dapatkan.








Sekian beberapa manfaat menggambar yang bisa saya share.
Semoga bermanfaat yaa. ^^

0 komentar:

Posting Komentar